Camera Failed Pada HP Android Samsung Galaxy – Apakah kamu pernah mengalami, di saat sedang berfoto, tiba-tiba muncul pesan error “Camera Failed” ? Kasus ini sering terjadi pada hp” android terutama seperti pada hp Samsung Galaxy S, Grand Prime, Galaxy Young. Masalah seperti ini sebenarnya bukan pada hardware kamera, melainkan hanya pada software nya saja.

Berikut Langkah-langkah Memperbaiki Masalah “Camera Failed” Pada Samsung Galaxy

 

Langkah 1

Dalam beberapa kasus, error ‘Camera Failed’ terjadi karena aplikasi kamera sedikit berantakan. Kamu bisa memecahkan masalah ini dengan sedikit pembersihan yang sangat sederhana. Caranya, pergi ke Setting > Application Manager / Apps, lalu sapu ke kiri ke bagian All Apps (Semua). Gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi Camera, lalu pilih. Lalu, tekan Force Stop, kemudian Clear Cache, kemudian Clear Data. Kamu tak perlu khawatir, cara ini tidak akan menghapus foto yang kamu punya, namun hanya akan menghapus settingan kameramu, sehingga kamu harus mengatur dari awal lagi. Reboot atau restart hp-mu dan lihatlah apakah cara itu berhasil.  

Langkah 2

Jika masih belum berhasil, langkah ke 2 adalah dengan menghapus ‘Cache partition’. Untuk melakukan hal tersebut, matikan terlebih dulu ponselmu dan lalu tekan dan tahan tombol Volume UpPower, dan Home. Saat ponselnya bergetar, lepaskan tombol Power, namun tetap tahan tombol Volume Up dan Home. Saat kamu sudah melihat layar ‘Android Recovery’, maka navigasikan ke pilihan ‘Wipe Cache Partiotion’ menggunakan tombol volume down dan gunakan tombol Power untuk memilihnya. Hal ini tidak akan menghapus semua data-datamu, namun akan mereset cache aplikasi, yang mana bisa menyelesaikan masalah kamera gagal.  

Langkah 3

Tetap tidak berhasil juga? Maka kini saatnya melakukan opsi pamungkas, : Factory Reset. Pastikan bahwa kamu sudah mem-backup segala sesuatu yang kamu perlukan terlebih dulu, karena hal ini akan mengembalikan kembali ponselmu ke kondisi bentukan pabrik yang awal tanpa adanya satupun barangmu yang ada didalamnya.  

Langkah 4

Masih tetap tak ada bedanya? Hapus aplikasi kamera bawaanmu, dan cobalah menggunakan aplikasi Google Camera (membutuhkan versi KitKat atau diatasnya) atau gunakan salah satu aplikasi kamera pihak ke tiga yang sudah banyak tersedia di Play Store. Meski begitu, kamu tetap harus membaca ulasannya dengan hati-hati:karena ada beberapa aplikasi kamera Android yang jauh lebih baik daripada aplikasi yang lainnya.