Cara Flash Samsung Galaxy V SM-G313HZ – Samsung Galaxy V yang terintegrasi sistem operasi Android versi KitKat. Dengan chipset Spreadtrum SC6815 prosesor satu inti berkecepatan 1.2 GHz Cortex A7, 0.5GB random access memory, dan graphic processing unit Mali 400.

Cara Flash Samsung Galaxy V SM-G313HZ

Samsung Galaxy V G313HZ menyajikan layar sentuh berdiagonal 4 inchi dari material TFT. Layar multiguna tersebut mempunyai kerapatan piksel ~233ppi dengan resolusi 480×854 piksel.

Dan dibekali konektivitas lokal Galaxy V cukup lengkap seperti konektivitas standar ponsel Android murah kebanyakan, antara lain: WiFi, WiFi Direct, Bluetooth, GPS, dan lain-lain.

Tidak sedikit pelanggan saya yang datang ke konter membawa ponsel ini untuk diperbaiki ponsel nya. Karena ponsel ini keluaran lama, tidak heran jika banyak pengguna nya yang mengalami masalah, seperti force close pada aplikasi, memori card tidak terbaca, touchscreen error dan yang paling sering pelanggan saya alami yaitu bootloop.

Untuk cara mengatasi masalah-masalah diatas bisa diatasi dengan cara instal ulang atau kita sering mengenal nya dengan FLASH.

Cara Flash Samsung Galaxy V SM-G313HZ Menggunakan Odin

Sebelumnya silahkan download terlebih dahulu bahan-bahan nya dibagian paling bawah artikel ini.

1. Instal Odin dan Driver Samsung pada pc/laptop anda.
(catatan: setelah driver diinstal, disarankan restart pc/laptop anda agar driver bisa langsung recog dengan windows)
2. Extract file Firmware Samsung Galaxy V SM-G313 HZ.
3. Matikan Samsung Galaxy V anda kemudian masuk ke mode download dengan cara menekan tombol Volume Bawah + Home + Power secara bersamaan hingga bergetar. Jika muncul peringatan atau Warning lanjutkan dengan menekan tombol volume atas.

Cara Flash Samsung Galaxy V SM-G313HZ

4. Buka aplikasi odin di pc/laptop anda dengan cara klik kanan “Run as Administrator”.
5. Sambungkan ponsel Samsung Galaxy V SM-G313HZ yang sudah berada di mode download ke PC/Laptop menggunakan kabel USB (disarankan menggunakan kabel usb asli dari samsung). Jika sudah tersambung maka ID:COM pada odin akan berwarna biru muda seperti gambar dibawah ini.

Cara Flash Samsung Galaxy V SM-G313HZ

Jika setelah android di hubungkan namun tidak ada reaksi ponsel terbaca di ODIN silahkan install ulang Driver.

6. Pada aplikasi Odin klik menu AP/PDA kemudian arahkan ke file firmware hasil extract tadi yang berformat .tar / .md5.
7. Jangan centang pada pilihan menu Repartition.
8. Klik Start. Tunggu sebentar proses ini akan memakan waktu beberapa menit.
9. Saat proses selesai akan muncul tulisan PASS berwarna hijau pada Aplikasi ODIN. Ini menandakan proses Flashing sudah selesai dan dan SUKSES 100%.

Cara Flash Samsung Galaxy V SM-G313HZ


10. Klik PASS maka ponsel akan merestart dengan sendiri nya.

Note: Jika ponsel sudah selesai di flash dan saat di nyalakan lebih dari 20 menit hang di logo samsung, silahkan lakukan factory reset pada menu recovery mode, lakukan wipe data dan wipe cache.

Yup, sekian tutorial Flash Samsung Galaxy V SM-G313HZ , jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar berkenalan silahkan berkomentar dibawah.

Terimakasih sudah berkunjung 😀